Untuk info seminar dan mengundang sebagai pembicara seminar hubungi 021-7364885 atau via email: jarotwj@yahoo.com

Senin, 24 Januari 2011

TINDAKAN EFEKTIF

Untuk menjadi sukses selain memiliki cita-cita yang menggebu-gebu dan membara,maka seseorang perlu memiliki tindakan yang efektif. Terlalu banyak orang memiliki cita-cita dan keinginan namun tidak mencapainya. Padahal sebenarnya dia terlihat cukup sibuk. Tapi kenapa hal itu tidak tercapai? Karena tindakannya tidak efektif.

Waktu adalah sama bagi semua orang,yaitu 24 jam. Maka tindakan efektif ini adalah berbicara tentang bagaimana seseorang mengelola sumber–sumber yang ada. Dan yang cukup penting adalah mengelola waktu. Tentu tindakan efektik juga berbicara tentang pengambilan keputusan yang tepat. Penggunaan sumber-sumber daya yang lain. Saya akan bahas kali ini adalah bagaimana menggunakan waktu. Untuk memiliki tindakan yang efektif, maka langkah yang pertama adalah audit dulu,cek,periksa kembali penggunaan waktu-waktu anda selama ini.

Apakah anda terlalu sibuk,tetapi sebenarnya tidak produktif. Karena anda terlalu banyak berbicara dan bergaul kesana kemari untuk hal-hal sebetulnya tidak perlu. Anda harus melatih tubuh anda istirahat secara wajar. Istirahat wajar adalah 6-8 jam sehari. Kalau engkau lebih dari itu maka engkau telah membuang-buang waktu selama ini untuk hal sebenarnya berlebihan. Kalau engkau melatih tubuhmu untuk tidur 6-8 jam sehari maka selebihnya engkau bisa menggunakannya untuk bekerja dan bekerja. Dan tentu akan menjadi lebih produktif. Atau kalau toh untuk bergaul, adalah dalam rangka untuk memperluas jaringan,pergaulan,memperbanyak sahabat dan itu akan memberi dampak untuk sukses anda. Untuk bertindak efektik maka perlu juga hati yang dipenuhi dengan damai sejahtera dan pikiran yang bijaksana. Karena itu beri makan juga untuk hati dan pikiran. Gunakan waktu selama 1 jam untuk membaca hal-hal yang membangun pribadi. Membangun motivasi atau mengembangkan pengetahuan. Latih untuk memberi makanan hati dan pikiran.

Disiplin diri setiap hari,sediakan waktu untuk memberi makan hati dan pikiran. Maka itu akan mempengaruhi tindakan yang efektif anda. Langkah berikutnya setelah anda mengaudit memeriksa kembali jam-jam yang dipakai. Melatih,istirahat yang wajar. Maka yang perlu diperhatikan adalah untuk bisa fokus. Terlalu banyak orang punya keinginan,terlalu banyak orang punya daftar yang harus dilakukan sehingga akhirnya justru tidak ada yang dicapai. Sementara dia mengerjakan pekerjaan A,pikirannya ada pada B,atau C atau pada agenda selanjutnya. Maka buatlah daftar yang harus dilakukan untuk bulan ini,minggu ini dan untuk hari ini. Hari ini apa yang engkau lakukan maka pikirkan apa yang harus dilakukan sampai selesai lalu masuk dalam prioritas yang kedua.

Buatlah daftar,buatlah prioritas lakukan satu demi satu. Ketika mengerjakan satu maka pikirannya hanya ada pada satu dan kerjakan sampai selesai. Maka itu akan membuat saudara lebih produktif,efektik karena saudara fokus.Tanpa fokus dan tidak fokus maka tidak akan pernah muncul hasil yang produktif. Karena tidak fokus adalah perbuatan yang tidak efektif. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar