Untuk info seminar dan mengundang sebagai pembicara seminar hubungi 021-7364885 atau via email: jarotwj@yahoo.com

Senin, 24 Januari 2011

KUASA PUJIAN

Orang sukses adalah orang yang juga membuat orang lain sukses. Itulah sukses sejati. Bagaimana cara membuat orang lain sukses? Berikan dia dorongan, motivasi dengan cara memberikan pujian. Kuasa pujian itu luar biasa.

Saya ambilkan contoh dari kehidupan sehari-hari. Misalnya, seorang istri suatu pagi memakai baju baru, lalu suaminya berkata,”Wah, engkau cantik sekali.” Teman sekantornya berkata,”Wah, kamu kelihatan langsing.” Teman yang lain juga berkomentar,”Cocok dengan warna kulitmu. Kamu kelihatan lebih cerah.” Ada lagi yang lain berkata,”Kamu kelihatn begitu menarik, cheerful.” Apa yang terjadi kemudian? Saya yakin kalau baju itu kotor segera dicuci, dikeringkan, disetrika tidak lama lagi dipakai lagi.

Pujian membuat orang lain merasa diterima. Pujian membuat orang melakukan hal yang sama lagi, sekali lagi, sekali lagi dan lagi.

Contoh yang lain, ada seorang wanita memakai pakaian pesta. Pakaian itu bukan terbuat dari katun atau bahan lain yang menyerap keringat. Mungkin terbuat dari silk atau sintetis. Bahkan pakaian itu begitu ketat menjepit tubuhnya. Secara fisik, itu tidak enak dipakainya. Namun ketika ia tiba di tempat pesta. Baru saja turun dari mobil orang mulai melihat lalu berkata,”Siapa ya dia? Saya jadi pangling. Kamu seperti artis hari ini.” Begitu masuk ke dalam ruangan pesta orang lain berkata,”Kamu seksi sekali, tapi tetap terlihat sopan. Bagus sekali.” Yang lain berkata,”Kamu anggun sekali.” Ada juga yang berkata,”Kamu cantik sekali, saya pangling sama kamu.” Apa yang terjadi? Sang istri, atau wanita itu ketika diajak pulang belum mau pulang, karena dia belum berjalan berkeliling, karena ia belum berjalan ke semua ruangan, karena dia belum menemui semua orang yang dikenalnya. Ia mau mendapat pujian yang sama dari orang-orang yang dia kenal. Pakaian itu tidak nyaman dipakai bahkan menjepit tubuhnya, namun ia tahan berlama-lama di sanama, karena apa? Karena pujian memang membuat orang tahan menderita.

Oleh sebab itu, berikanlah pujian kepada anak misalnya. Ketika ia mengerjakan PR, bagi anak itu suatu penderitaan, karena dunia anak memang dunia bermain, bukan belajar. Bermain itu menyenangkan bagi anak, tetapi ketika ia dipuji, maka ia mau melakukannya lagi meskipun baginya itu sebuah penderitaan.

Sesuatu yang sulit dilakukan. Sesuatu yang mungkin membuat menderita, tetapi sering itu menjadi ringan karena orang diberikan penghargaan yang sepantasnya. Jangan pujian yang berlebihan, itu namanya rayuan gombal. Tetapi pujian yang sepantasnya, pujian yang wajar, membuat orang merasa diberi tempat, dihargai apa yang ia lakukan, itu mebuat ia berkurang rasa capeknya, membuat ia melangkah maju. Ketika ia sukses, maka orang yang membuatnya sukses akan terkena dampaknya, menjadi sukses. Itu pasti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar