Untuk info seminar dan mengundang sebagai pembicara seminar hubungi 021-7364885 atau via email: jarotwj@yahoo.com

Kamis, 30 September 2010

WAJAH SENYUM

Saya mengamati banyak orang sukses, maka saya mendapati banyak dari mereka memiliki wajah senyum. Sehingga muncul beberapa julukan. Misalnya, Presiden Suharto mendapat julukan “The Smiling General”. Lim Siu Liong mendapat julukan “The Smiling Bussinessman”. Bill Gate mendapat julukan “The Smiling Engineer”. Atau dalam film-film yang selalu memerankan tokoh utama, cukup banyak yang memiliki wajah senyum. Demikian juga aktor yang memerankan James Bond pastilah orang yang ‘the smiling man’.

Kita melihat orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang memiliki wajah senyum. Atau bisa saya katakan, memiliki selera humor. Karena itu, kalau Anda mau sukses, kembangkanlah sikap humor Anda. Sebab engkau akan menjadi orang yang membangun hubungan yang hebat. Keberadaanmu disukai teman-teman. Kehadiranmu membawa suasana ceria dan engkau dikenang oleh orang. Karena orang yang sukses adalah orang pembangun hubungan. Orang yang sukses adalah orang yang memiliki banyak teman. Untuk membangun hubungan maka sikap humor dan wajah senyum ini perlu dikembangkan.

Yang menarik bagi saya adalah pendapat dari Dr. Emiller. Ia adalah direktur dari prefentif cardiologi Meryland Medical Center, Baltimore, Amerika. Ia menyatakan bahwa bila orang stress, maka itu akan memacu kerusakan endopiliun yaitu pembuluh arteri jantung, serta mendorong terciptanya kolesterol dalam pembuluh darah. Saat orang stress juga akan memicu hormon adrenalin yang membuat jantung berdebar keras tidak beraturan.

Pendapat yang lain dikemukakan Dr. Lieberg, pakar neuromologi di Lomelinda University School of Medicine yang menyatakan bahwa stress menghasilkan hormon kortisol yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Sebab hormon kortisol menekan kinerja hormon IGE, yaitu hormon imunitas. Kebalikannya, ketika orang senang, tertawa, bersukacita, melimpah dengan syukur, maka tubuh mengeluarkan hormon endorphin, serotonim dan melatonim yang sangat dibutuhkan oleh otak. Melatonim membuat rasa nyaman dan tenang, bahkan bisa membuat orang tidur pulas. Dalam situasi yang tenang, saya percaya orang akan bekerja lebih optimal, mengambil keputusan dengan lebih tepat, bahkan hidup bahagia dan sehat, sebab kekebalan tubuhnya meningkat.

Jadi apa artinya orang sukses kalau cepat mati. Karena itu, kalau engkau ingin sukses, bahagia, umur panjang, maka kembangkanlah sikap humor. Milikilah wajah senyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar